Budidaya Lele di Kolam Terpal

Lele adalah jenis ikan yang paling mudah untuk dibudidayakan, dengan media tanah,kolam semen kolam terpalpun asal pakan yang cukup ikan ini akan dapat hidup dan tumbuh dengan baik. Kebutuhan akan air yang kadar oksigennya tinggipun tak menjadi nomor satu. Ikan ini mampu hidup pada kondisi air yang keruh dan berwarna hitam asalkantidak terlalu banyak amoniak di dalamnya.

Dengan mengetahui karakteristik jenis ikan ini, maka saya mencoba untuk membudidayakannya pada kolam terpal. Mengapa saya memilih kolam terpal ? jawabannya adalah karena kolam terpal itu praktis pembuatannya serta tidak terlalu banyak memakan biaya. Untuk ukuran per meter persegi kolam terpal cukup mengeluarkan uang 25 ribu rupiah saja, kita sudah bisa memiliki kolam terpal. Selain itu pula mobilitas untuk kolam terpal juga sangat memudahkan kita untuk memindahkan kolam tersebut jika sewaktu-waktu perlu perubahan posisi dan letak kolam.

Berdasarkan pertimbangan tersebut diatas, maka saya membuat kolam ikan dengan terpal dan sampai saat ini saya telah memiliki 20 kolam terpal dengan ukuran 2×3 m untuk tiap-tiap kolamnya dengan kepadatan 200 ekor per m2. Setelah berjalan selama 1 tahun lebih saya mencoba memelihara ikan lele pada kolam terpal ini maka saya merekomendasikan bagi saudara-saudara sekalian yang mempunyai keinginan membudidayakan ikan lele dengan kolam terpal. Asalkan pakan yang cukup berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan maka ikan lele dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kelebihan kolam terpal adalah kita dapat mengontrol keadaan ikan kapanpun, kondisi air dan kondisi ikan akan selalu terpantau dengan baik. Tingkat keselamatan ikan dari gangguan hamapun bisa diminimalisis dengan baik karena ikan akan aman dari jarahan ular atau binatang lainnya yang bisa memanggsa ikan kalau kita memelihara dikolam tanah. Mungkin itu sekilas pengalaman saya mengembangkan budidaya lele dikolam terpal, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang hendak mencoba

 

Iklan

2 thoughts on “Budidaya Lele di Kolam Terpal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s