Teknik Pemijahan Lele Jumbo

Didalam melakukan pemijahan/pembibitan lele jumbo ada beberapa teknik yang biasa dilakukan oleh para peternak ikan ini.  Secara garis besar teknik pemijhan lele jumbo dibagi kedalam dua kategori yaitu teknik secara alami dan melalui penyuntikan kelenjar hipofisa.

1. Pemijahan Secara Alami

Metode ini adalah metode tradisional dimana ikan  dibiarkan di alam terbuka dan perkawinan ikan sesuai dengan sifat hidupnya tanpa perlakuan dan bantuan manusia.

2. Pemijahan dengan metode penyuntikan (hipofisa)

Adalah melalui metode penyuntikan dengan kelenjar hipofisa terhadap induk betina dan jantan dari lele. Pemberian kelenjar hormon hipofisa pada recipient (penerima) yang berguna untuk melancarkan proses kematangan gonad, sehingga mempercepat proses jalannya pemijahan ikan tersebut.

dari kedua jenis pemijhan tersebut yang kami anggap lebih baik adalah dengan metode yang kedua karena dengan metode tersebut kita bisa mengatur penjadwalan untuk pemijahan dari lele yang kita miliki. Sedangkan pada metode pemijahan yang pertama kita tidak bisa memprediksi kapan pemijahan terjadi tergantung indukan itu sendiri dan biasanya telur yang keluar dari hasil pemijahan tradisonal itu tidak maksimal hal ini berbeda dengan pemijahan dengan penyuntikan dimana indukan bisa mengeluarkan seluruh telur yang ada.

Dari penjelasan diatas jelas kelebihan metode yang satu atas metode yang lain, tapi jangan lupa metode dibalik kelebihan metode kedua diwajibkan untuk menguasai pengetahuan yang lebih didalam hal melakukan penyuntikan terhadap indukan, dan kelebihan metode pertama adalah tidak perlu pengetahuan khusus tinggal membedakan mana indukan yang sudah siap untuk dipijahkan dan dibiarkan melakukan pemijahan sendiri sesuai dengan keinginannya.

Tinggalkan komentar