Teknis Pemeliharaan

November 12, 2009

Didalam pemeliharaan ikan ini ada beberapa langkah yang  harus dilakukan agar  ikan yang kita tebar pada kolam akan menghasilkan  keuntungan sesuai dengan harapan kita. Seperti beberpa artikel sebelumnya mulai dari pemilihan bibit,   kepadatan penebaran bibit dan sekarang adalaha bagaimanan  kita melakukan teknik pemeliharaan / pembesaran sampai kemasa kita panen nanti.

Adapun teknis dari pemeliharaan terbagi atas :

  • Pemberian pakan
  • Pengantian air
  • Penyortiran ikan

Pemberian Pakan

Lele Dumbo merupakan jenis ikan yang dibilang rakus terhadap makanan,  banyak jenis makanan yang dia sukai selain makanan yang pabrikan yaitu pelet. Pelet ada makanan alami yang dia sukai seperti : Bekatul, Ikan curah, Limabh pemotongan hewan,Keong mas, sisa makanan dapur, bangkai dan lainnya. Khusus untuk pelet makanan tersebut sudah mengandung kebutuhan akan protein bagi ikan akan tetapi harganya relatif mahal sehingga apabila kita hanya mengandalkan pemberiaan pelet maka sudah dapat dipastikan bahawa biaya pemeliharaan ikan akan sangat mahal.

Kalau jenis pelet yang kita gunakan maka keuntungan yang kita  peroleh maka  akan sangat sedikit karena biaya produksi akan sangat tinggi.  langkah  yang baik tentunya dengan memberikan pelet  ditambah dengan makana tambahan yang diperoleh ddari tempat sekitar kita (alam), atau membuat ransum sendiri dengan tanpa mengurangi nilai kandungan vitamin srta protein bagi ikan agar biaya pakan dapat ditekan.

Penggantian Air

Selain pemberian pakan yang baik tentunya ada hal lain yang juga perlu diperhatikan didalam teknis pemeliharaan yaitu masalah air. Penggantian air harus dilakukan 1  minggu sekali pada bibit yang kurang dari 1 bulan dari 2 minggu sekali untuk bibit yang ditebar berkisar antara > 1 dan kurang dari 2 dan setrusnya apabila ikan sudah terlihat besar cukup menambahkan saja karena ikan dianggap sudah kuat beradaptasi dengan lingkungannya. Ikan lele dumbo adalah jenis ikan yang tahan terhadap keadaan air.

Sortir atau sampling

Setelah pakan dan air jangan lupa harus dilakukan sortir atau sampling ikan yang kita tebar, hal ini dilakukan agar ikan yang berbeda ukuran tidak memangsa  ikan yang lebih kecil. Hal ini pasti terjadi walaupun benih yang ditebar ukurannya sama pasti setelah itu akan ada perbedaan dari ikan tersebut. Kalau kita sudah melihat ada perbedaan yang mencolok dari ikan yang kita tebar maka langkah yang harus kita lakukan adalah melakukan sortir.

Itulah 3 langkah teknis yang dilakukan didalam teknik pemeliharaan ini kalau itu sudah kita lakukan maka kita tunggu saja sampai 2-3 bulan kedepan, dan jangan lupa untuk berdoa semoga kita bisa panen dengan baik sesuai dengan harapan…

2 Tanggapan to “Teknis Pemeliharaan”

  1. elizroil said

    salam kenal mas,
    aku tertarik untuk memelihara lele konsumsi,apakah mas bisa memberikan gambaran tentang berapa jumlah pakan yang dibutuhkan sejak dari ukuran 5cm-an,dan berapa lama untuk sampai berat 1kg/10ekor,(untuk 1000 ekor),terima kasih..

    • hidayatkan said

      Salam kenal juga,

      Mas, untuk memperhitungkan berapa jumlah pakan yang dihabiskan untuk menghasilkan sejumlah lele (kg) itu bisa diprediksi dengan menghitung jumlah hail yang akan dijual. contoh singkatnya kalau jumlah ikan 1000 ekor dengan tingkat kematian 10% maka sisa ikan=900, jika 1kg=10 ekor maka akan didapat 90 kg ikan. Nah jumlah pakan yang harus diberikan kepada ikan tersebut adalah kisaran 70- 90 kg, itu berdasarkan perhitungan dan pengalaman yang saya lakukan. Selisih harga pakan dan bibit itulah keuntungannya.

      Untuk keuntungan pemeliharaan ikan lele jika jumlah dipelihara sedikit itu nilainya sedikit tidak terlalu signifikan. Jika kita menginginkan ikan ukuran 1kg=10 ekor itu bisa dipelihara selama 3 bulan dengan syarat pakan harus terjamin dan cukup sesuai dengan jumlah benih yang dipelihara.

      Itu saja Mas, yang bisa saya sharing…

      Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: